Tuesday, June 11, 2013

MANFAAT DAUN SIRSAK

By : Unknown di 9:31 PM

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
Di beberapa wilayah propinsi di Indoensia, sirsak banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai masalah gangguan kesehatan dan fungsi organ tubuh, seperti :
  1. Kanker
Daun sirsak yang kebanyakan diolah dalam bentuk teh dengan memgolah beberapa lembar daun sirsak dengan kualitas daun yang baik. Mereka biasa menggunakan daun sirsak untuk mengobati kanker. Namun tak semua orang mengetahui bagaimana pemanfaatan daun sirsak yang baik sebagai ramuan alami untuk menumpas kanker.
Ada beberapa orang yang panik ketika merebus daun sirsak karena warna air hasil rebusan daun sirsak berwarna cokelat tua. Mereka merasa takut jika salah memilih daun sirsak yang terlalu tua atau muda. Air rebusan daun sirsak yang bagus adalah berwarna hijau kekuningan dan tidak terlalu gelap. Jika warna air rebusan daun sirsak cenderung berwarna kehitaman biasanya karena proses penyimpanan yang terlalu lama akibat proses oksidasi pasca proses perebusan.
  1. Hepatitis
Masyarakat Aceh, misalnya menyantap buah sirsak untuk mengatasi hepatitis, sementara daunnya dimanfaatkan sebagai obat batuk.
  1. Tekanan Darah Tinggi
Lain halnya dengan masyarakat sunda pada umumnya, buah sirsak untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  1. Mual, Bisul, dan Reumatik
Masyarakat etnis Dayak juga mengkonsumsi buah sirsak untuk meredakan mual.Daun sirsak dapat digunakan untuk menghilangkan mual, bisul dan rematik.
  1. Diare dan Sakit Perut
Bagi sebagian etnis Madura, buah sirsak umumnya digunakan sebagai obat pereda diare dan sakit perut. Selain itu, di Kutai, Kalimantan Timur, daun sirsak yang dipilih untuk meredakan diare.
  1. Disentri
Di Spanyol, buah sirsak yang dikenal dengan sebutan buah guanabana berkhasiat untuk mengobati disentri, empedu akut, dan kencing batu.
  1. Jerawat, Kejang, Bisul
Secara empiris (pengobatan nyata) buah dan daun sirsak ini ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. daun sirsak berfungsi untuk mengatasi luka borok, bisul, kejang, jerawat, dan kutu rambut.

0 komentar on "MANFAAT DAUN SIRSAK"

Post a Comment

 

Princess Amma Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal